Sabtu, 17 Januari 2009

TUGAS TIK *TUTORIAL COREL DRAW*

Tutorial Corel Draw 12 Lengkap
CorelDRAW merupakan satu-satunya program aplikasi untuk mengolah desain grafis yang paling diminati dan dicari oleh para desainer komputer di Indonesia. Selain mudah digunakan, CorelDRAW ini telah dilengkapi dengan berbagai faslitas pendukung yang memudahkan para desainer mendesain object-object grafis.CD Tutorial ini sangat cocok sebagai panduan belajar bagi para pemula yang ingin menguasai CorelDRAW 12. Selain mengulas fitur-fitur terbaru yang dimiliki CorelDRAW 12, tutorial ini membahas teknik dasar hingga teknik-teknik praktis dalam memanipulasi objek-objek grafis.
CorelDRAW adalah sebuah aplikasi "an intuitive graphics design application" yang memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi para perancang dapat berkarya dengan intuisi sehingga gambar yang dihasilkan dapat mendekati kenyataan sebenarnya. CorelDRAW ditujukan oleh para perancang atau desainer di lingkungan home and small business user, creative profesional dan para pengguna di lingkungan enterprise.Versi tebaru CorelDRAW adalah versi 12. Dalam versi ini terdapat banyak tambahan fitur yang memudahkan desainer membuat karya grafisnya seperti Smudge Brush tool, Roughen Brush Tool, New Trimming tool dan lain-lainnya.Buku ini merupakan buku yang berisi karya-karya atau contoh-contho yang bisa Anda jadikan sebagai bahan inspirasi. Setiap contoh yang dibahas dijelaskan langkah-langkah dan cara-cara pembuatan karya grafis tersebut. Pembahasan dalam buku ini manawarkan kemudahan dengan menggunakan metode langkah demi langkah untuk memudahkan pembaca dalam memahami topik yang sedang dibahas. Bagi Anda yang masih pemula, buku ini sangat cocok dijadikan buku pegangan dan panduan dalam membuat desain grafis. Sedangkan bagi yang sudah mahir, dapat kekayaan teknik pemakaian CorelDRAW.Pokok bahasan yang disajikan dalam Video Tutorial Panduan Belajar Desain Grafis Corel DRAW 12 meliputi:
Membuat Objek Grafis
Manajemen File
Mengolah Objek Grafis
Bekerja dengan Warna
Bekerja dengan Teks
Bekerja dengan Page
Bekerja dengan Objek Bitmap dan Efek
Bekerja dengan Artistic Media Tool dan
Membuat Tabel
Bekerja dengan Tombol Interaktif
Memodifikasi Objek-Objek Grafis
Mencetak Desain Grafis
Pengenalan fitur-fitur dan tool-tool baru CorelDRAW 12
Banyak hal bisa anda lakukan jika anda menguasai Corel Draw 12, diantaranya:
Membuat banner profesional
Membuat Iklan dan Selebaran
Membuat Kartu Nama
Membuat logo profesional
Membuat kartu ucapan
Membuat sertifikat
Membuat desain batik
Membuat desain objek tiga dimensi, dan masih banyak lagi.
Harga CD Tutorial Corel Draw 12 Rp. 35.000,- saja. Anda sudah mendapatkan "guru" kursus komputer pribadi yang akan mengajari anda Corel Draw secara profesional. Harga Belum termasuk ongkos kirim.

*Tutorial Corel Draw
langsung anda lihat ke panel property, atur ukuran textpada Font Size ListMengatur jenis text :Langkahnya sama seperti pada cara mengatur ukuran teks, hanya yang anda pilih padapanel format text adalah Font bukan SizeMengatur warna text :Setelah anda ketik text yang telah anda siapkan pada page, untuk mengubah warnatextnya adalah sebagai berikut :- klik text dengan menggunakan pick tool- kemudian klik warna text yang ingin anda pilih dengan memilih warna pada panelcolor pallete.
MEMBUAT DAN MEWARNAI GARIS
Untuk membuat garis, tools yang digunakan adalah kelompok Freehand ToolFreehand Tool :- Untuk membuat garis lurus dengan melakukan klik pada awal garis, kemudiangeser mouse ke titik akhir garis kemudian klik pada titik akhir garis.- Untuk membuat garis berbentuk kurva dengan melakukan (tekan) klik kemudiangeser mouse sesuai dengan garis kurva yang ingin dibuat kemudian (lepas) klikpada mouse.- Untuk mengatur ukuran, betuk awal, bentuk akhir, ukuran garis maka lihat padaproperty bar.Artistic media tool :Tool ini memberikan beberapa pilihan bentuk yang bisa kita gunakan, diantaranyaPreset, Brush, Sprayer, Calligraphic, dan Pressure.
Cara untuk membuat garis dengan menggunakan tool ini adalah dengan melakukan klik(tekan), kemudian geser garis sesuai dengan betuk garis yang kita inginkan, kemudianlepas mouse.Berikut ini type garis yang dapat kita lihat pada panel property setelah kita klik artisticmedia tool pada toolbox :Preset Brush SprayerCaligraphic Pressure Type
MEMBUAT DAN MEWARNAI BENTUK
Untuk membuat berbagai gambar bentuk kita dapat memilih berbagai bentuk yang adapada corel ataupun menggambar sendiri dengan menggunakan kelompok freehandtool.Untuk menggambar bentuk dengan memilih bentuk yang ada pada corel, maka adabeberapa tool untuk membuat bentuk yang diberikan oleh corel antaranya :- rectangle tool- ellipse tool- kelompok polygon tool- kelompok basic shapesebagai contoh untuk membuat gambar berupa gambar berupa gambar bintang,caranya adalah :- klik agak lama untuk menampilkan option tool pada polygon tool- pilih star shape- gambarkan di page- klik pada gambar yang telah dibuat- atur ukuran garis dan lain-lain yang dapat dilihat pada property bar- atau gunakan outline tool yang ada pada toolbox untuk mengatur ukurangarisnya.Hasiluntuk mewarnai objek, yang kita lakukan adalah :- pilih objek yang akan kita rubah warnanya- klik fill tool yang ada pada toolbox, pilih bentuk warna yang diinginkan denganmemilih salah satu option tool yang ada pada fill toolhasilnya dapat dilihat pada contoh berikut ini :(objek bintang dengan pilihan warna pada textur fill dialog, dengan pilihan warna CMYK)
SELEKSI DUA OBJEK
Untuk menggabungkan atau menghilangkan bagian dari suatu objek denganmengkolaborasikan dengan objek yang lain kita dapat memilih beberapa model seleksidiantaranya weld, trim, intersect, simplify, font minus back dan back minus font.Kita bisa melihat beberapa tool tersebut pada property bar.Cara mengkolaborasikan dua buah objek adalah sebagai berikut :- buat dua objek yang berbeda- buat dua objek tersebut bersinggungan- klik atau pilih/seleksi kedua buah objek tersebut- lihat ke panel property- pilih model penyeleksian
EFEK KHUSUS PADA OBJEK
Pada corel draw terdapat berbagai macam tool yang dapat kita gunakan untuk membuatsuatu efek khusus. Tool tersebut berupa interactive blend tool, interactive contourtool, interactive distortion tool, interactive envelope tool, interactive extrude tool,interactive drop shadow tool dan interactive transparency tool.untuk menerapkan teknik efek khusus, lakukan percobaan berikut ini :Interactive Blend Tool- buat gambar lingkaran pada page- buat gambar bintang pada area yang lain- pilih interactive blend tool yang ada pada toolbox- tarik garis dari gambar berbentuk bintang ke gambar berbentuk lingkaran- hasilnya sebagai berikut :Interactive Contour Tool- buatlah bentuk bintang pada page- pilih interactive contour tool yang ada pada toolbox- klik pada center objek dan drag keluar dari objek bintang- hasilnya adalah sebagai berikut :Interactive Drop Shadow Tool- buatlah hambar segiempat pada page- pilih interactive drop shadow tool yang ada pada toolbox- klik dan drag keluar objek segiempat- haslinya dapat dilihat sebagai berikut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar